Menikmati Atraksi Tari Barong di Desa Wisata Batubulan Gianyar Bali

Menikmati Atraksi Tari Barong di Desa Wisata Batubulan Gianyar Bali

Menikmati Atraksi Tari Barong di Desa Wisata Batubulan Gianyar Bali.

Pulau Bali disamping terkenal akan keunikan ragam alamnya yang menawan dan juga terhampar berbagai keeksotisan jenis Pantai Bali yang banyak jumlahnya sekaligus fantastis.

Di Bali juga terkenal akan memiliki berbagai tempat destinasi Tempat Desa wisata yang memberikan gambaran keaslian dan keasrian tersendiri, sangat layak dan patut untuk di kunjungi.

Desa Wisata Bali yang terkenal hingga ke mancanegara antara lain Desa Celuk yang merupakan Desa Wisata penghasil kerajinan tangan yang berupa perhiasan perak maupun emas.

Desa wisata Penglipuran Bali yang terkenal akan ragam budaya keaslian Bali yang tinggal di dalamnya, dimana Di desa wisata Bali ini terkenal sebagai Desa Wisata Terbersih dan juga Paling Asri Se Asia.

Desa wisata yang ketiga terkenal di Bali akan kami ulas (Bali Chandra Tour – sewa mobil di bali) pada kesempatan kali ini adalah Desa Wisata Batubulan Gianyar Bali.

Sekilas Mengenai Kabupaten Gianyar Bali

Gianyar Bali adalah Salah satu kabupaten di Provinsi Bali yang terletak di sebelah timur-utara dari Kota Denpasar ibukota Provinsi Bali.

Di Tempat Wisata Bali yang berada di Gianyar Bali banyak menawarkan kunjungan berbagai spot wisata yang berlatar belakang alam perbukitan, persawahan , air terjun maupun ragam jenis kebudayaan asli dari Bali.

Salah satu tempat daerah wisata yang sudah terkenal mendunia adalah Ubud.

Seperti diketahui Ubud Bali merupakan salah satu destinasi wisata yang pasti selalu di kunjungi oleh wisatawan mancanegara yang datang ke Pulau Bali.

Apa Saja yang Menarik di Desa Wisata Batubulan Gianyar Bali

Kembali ke Desa wisata Batubulan, dimana di desa wisata di Bali ini dikenal berbagai spot wisata yang menawarkan berbagai macam jenis kegiatan wisata yang asik dan menarik untuk didatangi dan dikunjungi baik oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.

Salah satu spot yang pernah kami ulas sebelumnya adalah satu tempat wisata unik Jambe Asri Agrotourism, dimana tempat wisata di bali ini menawarkan cara asik menikmati Kopi luwak Bali yang sangat terkenal hingga mancanegara.

Desa Batubulan dikenal akan Berbagai Tempat Sanggar Perform Art Tari Barong

Tari Barong adalah salah satu bentuk warisan budaya yang benar-benar asli berasal dari Bali.

Salah satu identitas Bali yang terkenal oleh wisatawan mancanegara salah satunya adalah Tari Barong dimana salah satu tarian khas adat bali ini selalu ditampilkan di setiap pagelaran atau perayaan hari-hari besar bagi umat hindu di Bali.

Sekilas mengenai Barong Bali atau Tari Barong

Barong Bali adalah salah satu jenis pertunjukan atraksi tari yang menggunakan topeng dan juga kostum yang menggambarkan perlambangan akan raksasa atau sebutannya adalah Barong.

Tari Barong ini sendiri dibawakan oleh dua orang yang menggunakan topeng dan kostum yang unik tersebut.

Bisa di bilang Tari Barong ini secara koreografis bisa digambarkan seperti Barongsai ataupun Reog jika kita melihat tarian Reog dari Ponorogo Jawa Timur.

Sejarah Tari Barong

Secara sejarah Barongan atau Tari Barong ini mengadopsi dari warisan kebudayaan Tari Reog Ponorogo Jawa Timur dimana beratus-ratus tahun lalu pada Jaman Raja Airlangga yang melarikan diri ke Bali, akibat pertempuran perebutan kekuasaan dan lalu berpindah ke Bali dan kemudian memodifikasi Bentuk salah satu Tarian tersebut menjadi Sebuah hasil Budaya Tarian Barong dimana alur cerita dan juga bentuk berbagai kostum yang menyertainya disesuaikan dengan kondisi dan situasi masyarakat setempat. (Ed. Wikipedia .org/wiki/Barong_Bali).

2 Tempat di Desa Wisata Batubulan yang terdapat Sanggar Tari Barong

Bagi kamu yang tertarik dan jika ingin mengenal lebih jauh mengenai Sejarah, ataupun segala hal tentang pertunjukan (Performing Art Barong Dance) Tari Barong ini, maka dengan mendatangi
ke tempat Desa wisata Batubulan Gianyar Bali adalah sangatlah tepat, sebab disini adalah tempat yang pas untuk mengetahui dan mempelajari segala hal mengenai Barong Bali.

Ke Dua tempat yang bisa kamu datangi sekaligus merupakan salah satu spot wisata menarik di Desa Batubulan Bali ini antara lain :

1. Sahadewa Barong Dance (Sahadewa Barong Bali)

Theater tempat pertunjukan Drama tari Ramayana yang dipadukan dengan pertunjukan Tari kecak dan juga Tari Barong.

Di tempat ini kamu bisa menikmati bagaimana kisah alur pertunjukan Ramayana yang benar-benar sangat mengesankan, tempat yang sangat tepat untuk melihat bagaimana perpaduan seni drama tari yang dipertunjukkan secara live dan tentu saja akan menambah wawasan dengan mengenal budaya bali secara lebih mendalam yang dikemas secara apik dan juga menarik.

Tempat Panggung Sahadewa Barong Dance

Tempat panggungnya adalah sebuah sanggar yang ditata secara unik, dengan latar belakang 3 pintu dengan satu pintu gerbang utama di tengah yang tentunya memiliki sebuah perlambangan tersendiri, disamping
dekorasi ukiran khas didekat pintu sisi kanan dan sisi kiri yang menggambarkan Otensitas (keaslian) dan juga arsitektur khas Budaya Bali.

Menikmati  Atraksi Tari Barong di Desa Wisata Batubulan Gianyar Bali

Sementara untuk pintunya sendiri adalah tampilan yang melambangkan seperti layaknya pintu kerajaan untuk sebuah penggambaran kemewahan dengan variasi ukir yang sangat teramat kompleks dengan seni ukir pahatan kelas tingkat tinggi dimana hal itu adalah ciri khas sebuah arsitektur kebangsawanan dari budaya masyarakat bali setempat.

Di tambah lagi dengan sepuhan warna keemasan yang cukup menandakan sebuah cita rasa sebuah objek mewah bernilai tinggi.

Dekorasi yang menggambarkan sebuah perlambangan Harmonisasi Kultur Bali

Harmonisasi perlambangan yang ditunjukkan melalui Dekorasi tata panggung juga dicitrakan dalam kebudayaan masyarakat bali.

Ketika kita melihat simbol-simbol ukiran di atas gerbang pintu yang terlihat Garang (Bahasa Kekinian) di sebelah sisi depan gerbang pintu baik di sisi kanan dan sisi kiri terdapat sebuah dekorasi Penjor Bali yaitu hiasan lengkungan yang dibuat sedemikian rupa membuat suasana lebih adem dimana hiasan ini berasal dari pelepah pohon pisang dan di gantungkan seikat hasil tanaman padi yang tentu saja melambangkan sebuah kesejahteraan mengayomi bagi keseluruhan rakyat (masyarakat) bali dari Jaman ke jaman, dan hal itu diperlambangkan oleh dua buah payung di kedua sisinya.

Makna dan berbagai simbol perlambangan tata panggung dekorasi di Sahadewa Barong Dance ini sangat asik untuk didalami baik itu untuk menyimak kisah sejarah tradisi Masyarakat Bali hingga performance yang asik dan menarik
untuk di nikmati.

Keunggulan dan keindahan perpaduan musik tradisional Bali yang di tampilkan

Banyak yang memberikan apresiasi positif terutama dari wisatawan mancanegara yang memberikan penilaian perpaduan alunan musik tradisional gamelan yang didominasi oleh alat musik tabuh kendang beriringan dan memiliki irama yang benar-benar khas, sangat membantu menghidupkan atmosfer pertunjukan
live sendra tari kisah Ramayana dan juga performa Barong Bali serta Tari Kecak di Sahadewa Barong Bali ini.

Untuk itu pastikan kamu tidak ketinggalan mendatangi tempat ini, ketika kamu mendatangi untuk berwisata ke Pulau Bali bersama Bali Chandra Tour – Sewa Mobil di Bali.

Jika kamu tertarik untuk menikmati pertunjukan di Sahadewa Barong Bali ini kamu bisa mengkonsultasikan dengan kami. Rangkaian Tour menarik di Bali bersama Sewa Mobil di Bali dari Bali Chandra Tour.

2. Barong and Kris Dance

Untuk Tempat theatre performing Art Tari Barong yang kedua di Wilayah Desa Wisata Batubulan Gianyar Bali adalah Barong and Kris Dance.

Tempat theatre live perform Tari Barong ini mengambil tempat dekat dengan Pura Batubulan (Batubulan Temple) untuk suasana dan atmosfernya adalah tempat terbuka dan untuk tempat duduk para pengunjung lebih terpisah agak sedikit jauh di depan.

Sementara untuk sisi disamping sebelah kanan panggung dari sisi pengunjung adalah tempat panggung tersendiri untuk para penabuh gamelan, instrumen musik khas tradisional yang mengiringi sendra tari pertunjukkan Tari Barong  di Desa Wisata Batubulan Gianyar Bali ini.

Mengambil tempat yang lebih luas dan juga lebih terbuka menambah atmosfer pertunjukkan Tari Barong yang lebih hidup dan nyaman untuk dinikmati tentunya.

Untuk Theater Tari Barong di Desa Wisata Batubulan ini “Barong and Kris Dance” bisa
dibilang merupakan theater yang pertama menampilkan pertunjukkan sendratari di Desa Wisata Batubulan.

Sehingga untuk menampilkan sebuah pagelaran acara Barong Bali tidaklah diragukan lagi akan kemampuan dan kepiawaian para penampil atau para artis yang berkecimpung di Dunia Tari Tradisional Bali ini.

Untuk informasi dan juga reservasi pesan tempat melihat pertunjukan live perform di Desa Wisata Batubulan ini kamu bisa mencari informasi lebih lanjut ke Nomor Whats App Bali Chandra Tour untuk mengantarkanmu sekaligus reservasi pesan menikmati pertunjukkan Tari Barong di Gianyar Bali ini.

Informasi Menarik Lainnya :