Dua Jenis Armada Sewa Mobil Murah Bali dari Penyedia Rental Mobil Bali Chandra Tour

mau ganti mesin di mobil yang sama? baca dulu yuk ketentuannya bersama bali chandra tour travel

mau ganti mesin di mobil yang sama? baca dulu yuk ketentuannya bersama bali chandra tour travel

solusi ganti mesin di mobil saat ini sudah jamak dilakukan banyak orang. Dari yang pengin lari tunggangan lebih kencang ,irit atau sekadar hobi saja. Asyiknya, semua itu tidak dilarang asal memenuhi prosedur engine swaps yang telah ditentukan. apalagi sekarang banyak perusahaan travel memasukan kategori wisata unik dengan mobil yang memiliki kelebihan dalam berkeliling liburan.

  “Ganti mesin tidak dilarang asal  ada kejelasan asal-usul mesin. Paling  penting penggunaan mesin tersebut harus sesuai sama mesin sebelumnya, diantaranya

1.cc

2.tipe bensin atau solar dan semerek,

“itu diatur secara jelas dalam Ketentuan Persyaratan Pendaftaran Kendaraan Bermotor Ganti Mesin.

Ada 3 kategori engine swap, ganti mesin baru, ganti mesin belkas dan ganti mesin eks luar. Ketiganya punya pesyaratan berbeda. Bagi pemilik kendaraan yang mengajukan engine swap wajib mengisi tanda jati diri dengan jelas, per nyataan pemilik di atas meterai mengapa mobil harus ganti mesin, membawa STNK dan BPKB asli dan membawa hasil cek fisik yang dinyatakan standar. “Bukan asal pasang , langkah Selanjutnya dilakukan pemeriksaan jenis mesin sesuai surat pernyataan yang diajukan. Apakah mesin baru, bekas atau eks luar (limbah mesin Singapura atau Jepang), Misal suzuki Carry 1,000 cc ingin ganti mesin baru.

Pemilik tinggal membawa faktur pembelian dari ATPM mesin berasal. Lalu dari situ dibuatkan berita acara pembelian dapur pacu oleh Satuan Penegakan Hukum Lalu Lintas Polda setempat. Di lanjutkan pengecekan fisik mesin Jangan beli mesin limbah di jual yang tak punya izin resmi standar laik jalan. Kemudian Direktorat Serse (Dit Serse) melakukan cross check nomor polisi, mesin lama dan baru. Namun prosedur akan berbeda bila Carry ganti mesin bekas. Maksudnya engine yang diambil dari mobil tipe sama dan memiliki surat resmi. “Hanya mesin yang diambil, sedangkan  bodinya tidak,” lanjutnya. Pemilik tunggangan tinggal mengajukan permohonan engine swap dan melampirkan BPKB asli mesin bekas dari Subag BPKB di Samsat. Di BPKB mobil akan diberi catatan oleh petugas.

Kemudian Dit Serse melakukan pengecekan dan mengeluarkan surat keterangan tentang mesin pengganti. Tidak lupa, pemilik tunggangan harus membawa hasil bukti cek fisik mesin.  satu saja persyaratan tidak terpenuhi, proses engine swap tak akan lancar. Syaratnya harussesuai spesifikasi mesin asli. Celakannya dapur pacu yang dipasang banyak tak sesuai yang tertera di STNK dan BPKB asli. Bagi yang ingin ‘main lurus’ ada poin penting wajib diperhatikan sebelum membeli mesin limbah intinva, pastikan yard punya izin resmi dari Dirjen Impor,  Peridustrian dan Perdagangan. Karena saat mengajukan permohonan engine swap, mesin yang dipakai harus dilengkapi faktur dari importir. Termasuk surat keterangan asli atau fotokopi PIB (Pemberitahuan Impor Barang). invoice (surat berisi izindeskripsi isi barang