Berwisata Asik di Kebun Raya Bedugul Bali Taman Bunga Terlengkap di Pulau Bali

Berwisata Asik di Kebun Raya Bedugul Bali Taman Bunga Terlengkap di Pulau Bali

Berwisata Asik di Kebun Raya Bedugul Bali Taman Bunga Terlengkap di Pulau Bali.

Mencari dan bereksplorasi Pulau Bali dengan menikmati berbagai Tempat Tujuan Wisata yang ada di Bali tentu saja adalah impian bagi kita semua.

Meski secara kita tahu bahwa Bereksplorasi tempat wisata Bali ibarat sebuah cerita yang tiada habis-habisnya.

Untuk kali ini kami Tim Sewa mobil di bali dari Bali chandra Tour ingin berbagi satu tempat objek wisata di Bali yang berhawakan sejuk dan juga mengesankan.

Akhir-akhir ini secara kita tahu musim kemarau panas yang kering sedang berlangsung, dengan intensitas yang cukup lumayan lama.

Sehingga cuaca yang panas bisa dikatakan sedikit mempengaruhi mood kita untuk berpikir ulang merencanakan kemana tempat wisata yang asik dengan berhawakan sekitaran daerah yang berlokasi sejuk dan agak lumayan tidak panas.

Berwisata Asik di Kebun Raya Bedugul Bali Taman Bunga Terlengkap di Pulau Bali

Karena jikalaupun kita mengambil pilihan untuk berwisata ke Bali saat ini untuk bermain-main di pantai sepertinya tidak akan cukup bagus jika menghabiskan satu hari penuh untuk berada di seputaran pantai.

Mungkin terbatas hanya pada waktu sore untuk menimkati Sunset Bali hingga  di pagi hari saja kita bisa meluangkan waktu yang asik jika berwisata ke Pantai Bali.

Meskipun demikian Bali tidaklah hanya objek wisata pantai semata sebagai tujuan (destinasi) wisata yang asik untuk di kunjungi.

Masih terdapat berbagai kontur daerah lembah, perbukitan dan juga pegunungan yang memiliki hawa atau cuaca lumayan sejuk.

Dan salah satu tujuan wisata di bali yang akan kami ketengahkan kali ini adalah satu tempat wisata asik berhawa sejuk dan juga pastinya pas untuk kamu yang sedang ingin berpikiran mencari tempat yang cocok menghilangkan kepenatan dan juga refreshing.

Mengambil Pilihan Berwisata ke Bedugul Bali

Bedugul Bali berada di wilayah Kabupaten Tabanan atau lebih tepatnya terletak di Desa Candi Kuning, Kecamatan Baturiti dimana di tempat ini berjarak kurang lebih 45 km dari Pusat Kota Tabanan.

Di Kawasan Objek Wisata Bedugul Bali ini terdapat bermacam-macam titik spot wisata yang sekiranya sangat pas jika dijadikan tempat tujuan wisata apalagi ketika kamu ingin merencanakan untuk pergi Tour Ke Bali.

Berwisata Asik di Kebun Raya Bedugul Bali Taman Bunga Terlengkap di Pulau Bali

Bali Chandra Tour selaku Penyedia Sewa Mobil di Bali juga menyediakan beberapa paket tour Bali dimana Objek Wisata Bedugul Bali ini adalah merupakan salah satu paket wisata Tour Bali yang Kami
sediakan.

Tiga yang Terkenal Spot wisata yang berada di Bedugul Bali ini yaitu :

1. Objek Wisata Pura Ulun Danu dimana Pura di Bedugul Bali ini berada Terletak di Pinggir Danau Beratan. Pura ini sangatlah indah, cantik dan juga mempesona.

2. Danau Beratan dimana di danau ini kamu bisa menemukan berbagai spot yang bisa juga kamu manfaatkan sebagai persinggahan manakala ketika ingin mengabadikan gambar wisata di tempat yang terkenal sangat sejuk akan objek tempat wisata di daerah ini.

3. Kebun Raya Bali atau Sebutannya adalah Kebun Raya Eka Karya Bali. Kebun Raya Bali atau Biasa Masyarakat Mancanegara (Turis Asing) lebih mengenalnya Sebagai Bali Botanical Garden, dimana di tempat ini kamu akan menemukan Berbagai jenis tanaman dengan ribuan jenis tanaman yang dikategorikan kedalam bermacam-macam variasi jenis tumbuhan serta fungsinya.

Berkunjung dan Berwisata Edukasi di Kebun Raya Bali

Ketika kamu mengambil pilihan untuk berwisata edukasi dengan mengenal berbagai macam ratusan spesies anggrek ataupun semisal juga ingin mengetahui berbagai jenis tanaman herbal, maka datang dan juga mengambil pilihan untuk pergi ke tempat ini adalah keputusan yang sangat pas sekaligus tepat.

Apa Saja yang Ada di Kebun Raya Bedugul Bali

Lokasi kawasan Kebun Raya Bali ini sangatlah luas dan juga memiliki koleksi tanaman yang sangat lengkap terlebih lagi Berbagai Tanaman Jenis Anggrek yang berada di sini.

Sementara itu ketika kamu berkunjung di tempat ini, bisa juga ditemukan spot objek wisata berbagai taman, dimana di taman-taman tersebut cocok untuk melakukan berbagai kegiatan, antara lainnya:

  • Untuk bersantai dan bermain dengan sanak saudara ataupun anggota famili, bisa juga di taman-taman yang ada di sini dapat digunakan untuk melakukan kegiatan outbond jika kamu ada merencanakan berkunjung
    bersama rekan-rekan sekantor ataupun institusi pendidikan.

Berbagai Jenis Tanaman dan Juga Spot Wisata di Kebun Raya Bali

Seperti yang telah diutarakan sebelumnya ditempat ini terdapat berbagai jenis tanaman anggrek maupun spesies tanaman lainnya yang digunakan khusus sebagai tempat konservasi Tanaman-tanaman
langka yang di tempatkan disini untuk mewakili wilayah timur Indonesia.

Jadi ketika kamu berkunjung ke Taman Raya Bali ini, maka tidaklah heran jika nanti ada penataan-penataan tempat yang khusus untuk memudahkan para pengunjung mengidentifikasi berbagai tanaman apa saja yang akan mereka jumpai nantinya.

Berbagai Jenis tanaman Yang Berada di Kebun Raya Bali ini adalah antara lain:

1. Berbagai Spot yang dikhususkan untuk tempat Ratusan Jenis Anggrek

Ketika kamu mulai memasuki Area Taman Raya Bali ini maka Spot tempat wisata pertama yang akan kamu jumpai adalah berbagai koleksi jenis spesies tanaman Anggrek.

Dimana berada di satu wilayah areal khusus mengenai keberadaan Jenis Tanaman Anggrek baik itu yang hampir punah akan keberedaannya maupun juga berbagai Anggrek yang merupakan hasil jenis persilangan, yang menghasilkan keindahan bunga yang fantastis maupun menawan hati.

Adapun berbagai jenis Tanaman Anggrek yang bisa kamu jumpai disini antara lain :
Eria sp, aneka Dendrobium, Bulbophyllum, Phalaenopsis, Vanda dsb.

Satu hal lagi yang menarik pada Spot Tanaman Anggrek di Kebun Raya Bali ini adalah Bisa kita temukan ratusan jenis Tanaman Anggrek yang merupakan sumbangan dari berbagai kiriman masyarakat kita dari seluruh Indonesia untuk ditempatkan di satu Spot Tanaman Anggrek yang benar-benar menawan ini.

Satu hal lagi yang juga perlu kamu ketahui mengenai Tanaman Anggrek di Kebun Raya Bali ini adalah sebagai tempat konservasi (penangkaran) jenis tanaman Anggrek yang hampir punah.

Jadi ketika kamu berkunjung di salah satu spot tanaman anggrek di Kebun Raya Bali ini akan sangatlah wajar jika kamu menemukan Tanaman Anggrek yang tidak sedang berbunga.

Meskipun demikian kamu masih dapat melihat berbagai ragam cantik bunga yang tumbuh di areal spot lainnya yang menawarkan persilangan berbagai jenis anggrek yang bisa juga langsung untuk melihat keindahan berbagai bunga dari tanaman anggrek persilangan (hybird) di tempat ini.

Lokasi Areal Tanaman Anggrek Terbagi dua Wilayah

Areal dari tempat taman yang mengkhususkan semua jenis Tanaman Anggrek tercatat hingga kini memiliki luas kurang lebih setengah hektar yang terbagi  ke dalam dua wilayah.

Taman Anggrek yang terletak pada bagian bawah adalah daerah terbuka sebagai tempat untuk koleksi tanaman anggrek yang mengkhususkan dari berbagai jenis silangan.

Sedangkan Taman Anggrek yang terletak di sisi bagian atas adalah tempat bagi anggrek liar yang merupakan prioritas koleksi,dimana sengaja dikhususkan untuk tempat konservasi yang digunakan untuk besarnya kemanfaatan dalam penelitian dan upaya pelestariannya.

Koleksi penangkaran tanaman anggrek yang tergolong langka dan sangat jarang serta bisa dikatakan hampir punah ini berasal dari berbagai wilayah di Indonesia.

Khususnya Indonesia bagian timur, antara lain berasal dari Pulau Bali, Nusa Tenggara baik Barat maupun Timur, Kepulauan Sulawesi, Pulau Kalimantan dan Juga tentu saja dari Papua.

Lebih dari 300 jenis anggrek telah menjadi koleksi Kebun Raya Bali.

Meski kebanyakan anggrek ini berbunga pada bulan Maret hingga Juni, namun pada bulan lainnya juga terdapat anggrek yang berbunga.

Terdapat satu jenis tanaman Anggrek yang cukup mencuri perhatian yaitu Vanda tricolor  dimana pada tanaman ini diidentikkan dengan bunga yang berwarna putih dan terdapat hiasan merah tua kecoklatan.

Paphiopedilum javanicum adalah salah satu jenis contoh Tanaman Anggrek yang sudah langka dan saat ini sedang dilestarikan di Kebun Raya Bali ini.

Sementara Dua jenis anggrek endemik Bali lainnya yang juga terdapat disini yaitu Malleola baliensis dan Calanthe baliensis.

Galeri Kebun Raya Bedugul Bali

Berikut ini adalah beberapa gambar dari Kebun Raya Bedugul Bali yang sangat cantik dengan berbagai jenis tanaman yang ada di Tempat Ini :

 

2. Berbagai Variasi Tanaman Lainnya Selain Tanaman Anggrek di Kebun Raya Bali

Tidak hanya sekedar tanaman Anggrek semata koleksi berbagai tanaman yang berada di Kebun Raya Bali ini, tapi melainkan Jenis-jenis tanaman lainnya yang di tempatkan pada Taman-taman tersendiri di Kebun Raya Eka Karya Bali (Bali Botanical Garden) ini.

Setelah kamu melihat berbagai keindahan Tanaman Anggrek yang bermacam-macam jenis akan keunikkan dan keindahannya tersebut kamu bisa mendatangi Taman Cyathea atau biasa kita menyebutnya sebagai Tanam-tanaman Paku Tiang.

Cyathea, lebih dikenal dengan nama paku tiang, memiliki tinggi batang hingga 5-10 m.

Batang paku ini sering digunakan sebagai tiang bangunan atau sekedar media tanam anggrek, seperti jenis paku lain: Pakis Haji.

Secara Umum para pengunjung atau para wisatawan memiliki ketertarikan berada di taman Cyathea ini dikarenakan ketertarikan pada tampilan atau penampakan satu jenis tanaman Paku ini dimana tanaman paku ini berbeda dengan jenis paku lain dan juga keberadaannya yang difungsikan sebagai habitat bagi beberapa anggrek epifit.

Hal ini sangatlah unik bagi mereka, dimana tentu saja sangat jarang untuk mereka jumpai, meskipun hal tersebut adalah hal wajar ketika bisa kita dapati di hutan.

3. Koleksi Tanaman Hias (Begonia)

Jenis Penangkaran (konservasi) Spot Taman Bunga di Kebun Raya Bali yang ketiga adalah Begonia atau biasa orang menyebutnya sebagai Koleksi Tanaman Hias.

Diperkirakan jumlah Begonia yang ada di dunia lebih dari 1700 jenis dan total jumlah Begonia yang ada di Indonesia sebanyak 213 jenis.

Begonia Indonesia umumnya merupakan Begonia daun atau Begonia rex yang memiliki variasi bentuk daun dengan warna yang indah diantaranya berwarna perak, hijau, merah, atau variasi corak dari warna tersebut.

4. Koleksi Tanaman Herbal (pengobatan) biasa di sebut Tanaman Obat

Pengobatan tradisional Bali dikenal dan disebut sebagai Usada (Secara Bahasa Sansekerta Ausadhi  dimana memiliki arti sebagai tumbuhan yang mengandung khasiat obat).

Kebun Raya “Eka Karya” Bali mewujudkan salah satu bentuk kearifan tradisional di bidang pengobatan tersebut dalam sebuah taman yang disebut sebagai Taman Usada.

Dengan Jumlah Tanaman yang berada di Tempat ini sebanyak lebih dari 300 jenis tanaman dari berbagai macam spesies lengkap ditanam dalam taman seluas 1.600 m2 yang mana berasal dari setiap area baik mulai perkampungan atau tempat-tempat khusus yang ada di Pulau Bali.

Untuk mengetahui setiap satu jenis tanaman di situ dilengkapi dengan sarana pendidikan yaitu papan Interpretasi berisi penjelasan singkat mengenai tanaman koleksi (konservasi) dan juga diberikan penjelasan akan fungsinya dalam pengobatan tradisional Bali.

Disamping itu masih ada Koleksi Tanaman Lainnya yang tidak kalah asik untuk dikunjungi sekaligus juga untuk di pelajari ketika kamu berwisata bersama keluarga maupun rekan-rekan menuju Kebun Raya Bedugul Bali, Taman Bunga tanaman terlengkap di Bali.

Selamat berwisata.

%d blogger menyukai ini: