7 Tempat Wisata tentang Sejarah pulau Bali

the-soekarno-center

Bali memang terkenal akan wisata alamnya yang memiliki pemandangan indah, 7 Tempat Wisata tentang Sejarah pulau Bali yang tak dimiliki negara lain, sehingga membuat wisatawan mancanegara tertarik untuk mengunjungi Bali.

Namun, seperti yang sudah diketahui bersama, Bali tak hanya memiliki wisata alam berupa pantai atau air terjun saja, namun memiliki wisata lain berupa wisata sejarah. Lalu, di mana saja wisata sejarah yang bisa dikunjungi di Bali? Simak pembahasannya di bawah ini 7 Tempat Wisata tentang Sejarah pulau Bali.

“jangan Lupakan Sejarah”

7 Destinasi Belajar Sejarah Bali :

1. Pura Besakih

7 Tempat Wisata tentang Sejarah pulau Bali salah satunya Pura terbesar di Bali dan di Indonesia yaitu Pure Besakih ini memang memiliki daya tarik di arsitekturnya. Selain itu, pemandangan alam di sekitar pura ini juga mampu memanjakan pengunjungnya untuk betah berlama-lama di sini, meskipun pura ini juga digunakan sebagai tempat ibadah.

Sebuah prasasti mengatakan bahwa Pura Besakih ini dibangun oleh Rsi Markandeya pada tahun 1284. Namun, ada juga yang percaya bahwa Pura Besakih sudah dibangun sejak tahun 163 Masehi, jauh sebelum dibangunnya Candi Borobudur dan Candi Prambanan. Terlepas dari yang mana yang benar, tetap saja pura ini bisa membuat kita takjub, dan memang layak untuk dikunjungi jika memang menyukai sejarah Bali.

2. The Sukarno Center

Sesuai dengan namanya 7 Tempat Wisata tentang Sejarah pulau Bali di tempat ini menyimpan segala benda yang berhubungan dengan Presiden Pertama Republik Indonesia, Sukarno. The Sukarno Center ini sendiri diresmikan pada tanggal 6 Juni 2009, bertepatan dengan hari lahirnya Sukarno, dan kemudian baru dibuka untuk umum pada tanggal 10 November 2011. Jadi bisa dibilang tempat ini masih tergolong baru.

Tujuan dari dibangunnya The Sukarno Center adalah agar pengunjung bisa lebih mengenal sosok Sukarno. Terdapat koleksi berupa foto-foto Sukarno yang berjumlah 150 foto, serta hadiah dari negara lain yang diberikan pada Sukarno pada saat itu. Tentunya tempat ini menjadi lokasi yang wajib dikunjungi, terutama untuk anak-anak sekolah agar makin mengenal sejarah Indonesia.

3. Museum Bali

7 Tempat Wisata tentang Sejarah pulau Bali berupa museum memang dikenal memiliki beberapa museum lukisan, dan Museum Bali ini merupakan salah satu museum yang bukan museum lukisan. Terletak di Denpasar, museum ini memamerkan benda-benda budaya dari zaman prasejarah sampai sekarang.Semua koleksinya mencerminkan kebudayaan Bali, mulai dari koleksi arkeologi sampai dengan koleksi biologi, tersedia di museum ini. Museum ini sendiri mulai dibangun pada tahun 1910 atas prakarsa W.F.J Kroon. Kroon sendiri adalah orang asing yang menjabat sebagai seorang asisten residen Bali Selatan. Museum Bali pun resmi dibuka untuk umum pada tanggal 8 Desember 1932.

memang dikenal memiliki beberapa museum lukisan, dan Museum Bali ini merupakan salah satu museum yang bukan museum lukisan. Terletak di Denpasar, museum ini memamerkan benda-benda budaya dari zaman prasejarah sampai sekarang.Semua koleksinya mencerminkan kebudayaan Bali, mulai dari koleksi arkeologi sampai dengan koleksi biologi, tersedia di museum ini. Museum ini sendiri mulai dibangun pada tahun 1910 atas prakarsa W.F.J Kroon. Kroon sendiri adalah orang asing yang menjabat sebagai seorang asisten residen Bali Selatan. Museum Bali pun resmi dibuka untuk umum pada tanggal 8 Desember 1932.

Museum-Bali-bersama-bali-chandra-tour
Museum Bali
4. Bangkai Kapal USS Liberty

Kali ini wisata sejarahnya terdapat di bawah laut di kawasan Tulamben. Di sini, terdapat bangkai kapal USS Liberty. Kapal ini karam puluhan tahun lalu pada masa Perang Dunia II. Kapal USS Liberty sendiri adalah kapal yang dulu dimiliki oleh Amerika Serikat untuk membawa bagian-bagian rel kereta dari Australia ke Filipina.

Kapal ini kemudian terkena torpedo dari kapal Jepang, dan berakhir di Pantai Tulamben karena tak bisa bergerak lagi. Akibat letusan Gunung Agung tahun 1963, kapal ini pun bergeser dari sejauh 30 meter dari pantai, dan sampai di lokasinya sekarang ini. Kini kapal ini menjadi rumah bagi ikan dan juga terumbu karang.

5. Pura Tanah Lot

Pura Tanah Lot merupakan tempat yang tepat untuk menikmati sunset alias matahari terbenam di Bali, karena pemandangannya yang indah dan tiada duanya. Namun, di balik keindahan tempat ini, Pura Tanah Lot juga menyimpan sejarah. Menurut masyarakat Bali, Pura Tanah Lot dibangun oleh seorang brahmana bernama Danghyang Niratha.

Pura Tanah Lot dipercaya terbuat dari kekuatan spiritual Danghyang Niratha yang mampu memindahkan bongkahan batu besar ke tengah pantai.Setelah batu dipindahkan, dibangunlah sebuah pura dan pura ini dijaga oleh penjaga yang tercipta dari selendang milik Danghyang Niratha

6. Desa Tenganan

Desa Tenganan merupakan desa yang kental dengan budaya Bali. 7 Tempat Wisata tentang Sejarah pulau Bali di Desa yang terletak di Kabupaten Karangasem ini masih mempertahankan tradisi asli Bali, seperti rumah penduduk dan juga peraturan adat yang harus dipatuhi, meskipun di sini sudah terkena arus modernisasi, seperti tersedianya listrik.

Di desa ini kita akan disambut dengan penduduknya yang ramah dan bersahabat. Selain itu, kita juga bisa melihat secara langsung kehidupan penduduk desa ini sesuai dengan adat asli Bali. Di desa ini juga kita bisa belajar mengenai sejarah Bali dan juga pelajaran hidup yang bisa dipetik dari warga.

8. Pura Luhur Uluwatu

Pura yang dibangun di atas batuan karang raksasa yang menjorok ke lautan ini menawarkan pemandangan indah yang mungkin tak ada di pura lainnya di Bali. Selain tebing berbatu yang terlihat mengagumkan, di pura ini pengunjung juga bisa melihat pemandangan lautan biru yang memanjakan mata. Bukan hanya itu, di dekat pura ini juga terdapat hutan hijau yang bernama Alas Kekeran.

Pura yang terletak di Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung ini selain menawarkan keindahan, juga bisa membuat bisa belajar mengenai sejarah dibangunnya pura ini. Tentu saja, selain untuk objek wisata, pura ini juga digunakan untuk tempat ibadah umat Hindu di Bali.

Ternyata, selain menikmati keindahan, kita juga bisa belajar sejarah, khususnya sejarah yang berhubungan dengan Bali.