Kulineran di tempat makan legendaris di Bali

Berlibur atau berwisata, ke mana pun destinasi wisata kita, tentunya akan kurang lengkap jika hanya mengunjungi lokasi wisata tanpa menikmati kuliner yang disediakan di lokasi wisata tersebut. Kulineran di tempat makan legendaris di Bali, Hal itu juga berlaku ketika kita berlibur ke Bali. Saat berkunjung ke Bali, jelas kurang lengkap jika tak mencicipi kuliner khas Bali. Di antara semua tempat kuliner di Bali, ada yang tergolong sebagai tempat kuliner legendaris. Berikut ini adalah kuliner di Bali yang legendaris.

1. Warung Nasi Bali Men Weti

Kulineran di tempat makan legendaris di Bali nomer satu iniTempat makan yang satu ini tergolong legendaris karena sudah ada sejak tahun 1970-an. Tempat makan yang terletak di Jalan Segara Ayu, Sanur ini memang selalu jadi buruan warga lokal maupun turis. Yang membuat tempat ini selalu ramai pengunjung adalah nasi campurnya, yang memiliki rasa pedas yang khas.

Men Weti selaku pemiliki tempat makan ini sudah meninggal tahun 2017 lalu, dan diteruskan oleh anaknya yang bernama I Nyoman Sukadana alias Men Rame. Meski demikian, tempat makan ini masih tetap eksis hingga sekarang. Selain makanan yang enak, tentunya harga yang terbilang murah juga menjadi faktor ramainya tempat makan ini.

Kulineran di tempat makan legendaris di Bali Men Weti
nasi men weti

2. Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku

Sama seperti sebelumnya, di Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku ini pengunjung bisa memesan nasi campur dengan rasa yang enak. Tempat ini juga sudah berdiri sejak lama, hanya saja tahunnya tidak diketahui. Wajar saja jika tempat ini sekarang sudah membuka cabang di berbagai tempat, seperti misalnya di Desa Kedewatan Ubud, Gianyar, dan juga di Renon.

Uniknya, tempat ini hanya memiliki satu menu, yaitu nasi ayam, yang disajikan dengan dua cara, yaitu dicampur atau dipisah. Nasi ayamnya sendiri terdiri dari ayam suwir, kacang goreng, urap sayur, telur pindang, dan sate lilit, balichandra tour merekomendasikan ini.

Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku Kulineran di tempat makan legendaris di Bali
Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku

3. Teba Cafe Jimbaran

Tempat makan legendaris berikutnya berada di kawasan Jimbaran. Jimbaran memang dikenal sebagai tempat makan seafood yang enak. Di antara semua tempat makan yang menyediakan menu seafood, satu yang legendaris yang memiliki menu seafood enak adalah Teba Cafe.

Jiba Cafe ini lebih banyak memiliki menu makanan yang dipanggang, seperti tusuk sate cumi, udang, sampai dengan menu ikan dengan bumbu bercita rasa pedas. Di samping menu makanannya, daya tarik kafe ini adalah dekat dengan pantai, sehingga pengunjung bisa menikmati seafood sambil menikmati pemandangan pantai yang indah. Alamat dari Teba Cafe ini sendiri adalah di Jalan Bukit Permai, Muaya Beach, Jimbaran Bay, Jimbaran.

Teba Cafe Jimbaran Kulineran di tempat makan legendaris di Bali
Teba Cafe Jimbaran

4. Warung Mak Beng

Warung Mak Beng ini bisa dibilang lebih legendaris lagi dibandingkan dengan Warung Nasi Bali Men Weti, karena sudah ada sejak tahun 1940. Tak heran jika tempat makan ini tak pernah sepi pengunjung, bahkan artis ternama juga menjadi langganan tempat makan ini. Meski selalu ramai, faktanya tempat makan ini hanya menyediakan satu menu, yaitu ikan goreng, yang dipadukan dengan sayur sup kepala ikan ditambah dengan sambal dan nasi. Pastinya, menu ini memiliki harga yang terjangkau. Pantas saja tempat makan ini selalu diburu oleh pecinta kuliner, terutama kuliner Bali. Jika penasaran, bisa langsung datang ke Jalan Hang Tuah No. 45, Sanur, Denpasar Selatan.

Warung Mak Beng Kulineran di tempat makan legendaris di Bali
Warung Mak Beng

5. Warung Wardani

Warung Wardani ini juga menyediakan menu nasi campur. Nasi campur memang menjadi kuliner khas Bali, dan tempat makan yang menyediakan nasi campur yang enak dan halal adalah di Warung Wardani ini. Dilihat sekilas, Warung Wardani ini terlihat seperti warteg, karena memiliki tempat yang sederhana, tanpa AC dan makanan yang diletakkan di dalam etalase kaca. Namun jangan salah, karena menu makanan yang disediakan di sini terbilang juara, seperti udang goreng tepung, dendeng sapi, sampai telur bumbu bali. Penasaran? Datang saja ke Jalan Yudistira No. 2, Dangin Puri Kauh, Denpasar Utara.

Warung Wardani Kulineran di tempat makan legendaris di Bali
Warung Wardani

6. Ayam Betutu Men Tempeh

Kuliner khas Bali yang wajib untuk dicoba ketika berkunjung ke Bali adalah ayam betutu. Tak hanya ayam, bebek juga cocok diolah dengan bumbu betutu. Tempat makan yang cocok untuk mencicipi ayam dan bebek betutu adalah di Ayam Betutu Men Tempeh.

Tempat makan yang berada di kawasan Gilimanuk ini tergolong legendaris karena sudah ada sejak tahun 1976. Bisa dibilang, tak ada warga Bali, terutama warga Gilimanuk, yang tak mengetahui tempat makan yang satu ini.

Ayam Betutu Men Tempeh Kulineran di tempat makan legendaris di Bali
Ayam Betutu Men Tempeh

7. Warung Babi Guling Pak Dobiel Nusa Dua (Non Halal)

Bagi turis non-Muslim, bisa mencoba untuk makan di tempat ini. Babi guling juga merupakan makanan khas Bali, dan tempat legendaris untuk memakan menu ini adalah di Warung Babi Guling Pak Dobiel Nusa Dua. Menurut pelanggan tetap tempat makan ini, rasa dari babi guling di sini masih terasa seperti makanan Bali asli.

Bila ingin merasakan babi guling yang legendaris, maka bisa langsung datang ke Jalan Srikandi No. 9, Nusa Dua, Benoa, Badung, Kabupaten Badung.

Warung Babi Guling Pak Dobiel Nusa Dua Kulineran di tempat makan legendaris di Bali
Warung Babi Guling Pak Dobiel Nusa Dua

8. Sate Plecing Arjuna (Non Halal)

Jika di Yogyakarta ada sate klatak, maka di Bali ada sate plecing. Sate plecing ini merupakan makanan non halal, karena terbuat dari daging babi, yang diberi sambal plecing. Tempat makan sate plecing paling populer dan legendaris di Bali adalah Sate Plecing Arjuna. Tak hanya sate plecing (babi dan sapi) saja, tempat makan ini juga menyediakan menu lain seperti sate sumsum atau bakso sapi.

Sesuai namanya, tempat makan ini terletak di Jalan Arjuna No. 47, Denpasar Utara, Dauh Puri Kaja, Denpasar Utara.

Sate Plecing Arjuna Kulineran di tempat makan legendaris di Bali
Sate Plecing Arjuna

Apakah tempat makan di atas sudah pernah kalian kunjungi?